Social

Cryoptocurrency Hack | Modus Penipuan Yang Sering Digunakan Di Dunia Cryptocurrency



Penipuan atau Peretasan yang terjadi di dunia cryptocurrency telah menjadi sesuatu yang meresahkan dan dapat mematikan bagi perkembangan cryptocurrency, akibatnya tidak sedikit investor yang pergi dan sulit mendapat kepercayaan dari berbagai lembaga.

Pencurian terkait cryptocurrency sejak awal menjadi salahsatu faktor yang menyebabkan harga cryptocurrency turun drastis, mungkin anda tahu tentang kasus pembobolan MT.GOX yang mengakibatkan kerujuan ratusan juta Dollar. Baru-baru ini bursa Cryptophia mengalami hal yang sama dan samapai sekatrang belum ada kejelasan, untuk kasus Cryptohia saya sendiri juga dirugikan karena ast crypto saya jadi hilang dan sampai sekarang tidak jelas nsaibnya.

Sejak kesuksesan Bitoin yang harganya melebihi USD menjadikannya madu baru bagi penjahat. pada awalnya scamer atau pencuri menargetkan bursa dan ICO sebagai buruannya, tetapi belakangan mereka juga meargetkan investor sebagai buruan mereka dan gilanya mereka melakukan nya dengan berbagai cara dan meninggalkan dapmpak yang merusak.

Baiknya sekarang tren ICO menurun dikrenakan pengetatan regulasai dari berbagai legulator dan ICO yang sekarang dikontrol dengan ketat dan transparant. Tetapi meski berbagai cara telah dilakukan, para investor masih dibayangi akan pencurian crypto yang sulit dihindari. Nah agar anda (para investor) tidak mengali kejadian ini dan tidak bernasib seperti saya maka saya akan memberikan beberapa contoh penipuan yang umum terjadi:



1. Proyek ICO Palsu
ICO palsu merupakan kejadian pencurian yang sering terjadi di dunia cryptocurrency dan memberikan dampak yang buruk bagi ekosistem crypto. modus ini cukup sulit dikenali. tapi ada beberapa metode yang bisa mengetahui bahawa proyek ICO ituh scam:

1. Lihat roadmap mereka, roadmap berisi langkah-langkah yang mereka tempuh untuk mewujudkan proyek mereka. Baca dengan teliti dan bila menemukan kejanggalan sperti target yang tidak realistis bisa jadi proyek itu scam

2. Lihat Team mereka. Proyek ICO yang baik akan menyertakan atau merekrut orang-orang hebat dibidangnya untuk menjalankan proyek itu, bila anda menemukan anggota team yang tidak memiliki identidas dan rekam jejak yng baik maka itu bisa dikatan sacm. Biasanya orang-orang dalam proyek itu akan mencantumkan link LinkedIn mereka untuk meyakinkan investor dan menambah rekaman merka, telusuri asala usul orang di team itu dengan melihatnya di LinkedIn.


3. Lihat usan mereka di beberapa situs review ICO seperti Cryptocompare, bila siatu ICO memiliki rating rendah atauw mendapat peringatan sebaiknya anda waspada.

2. Skema Ponzi
Metode ini paling menjebak terhadap korbannya, Skema Ponzi biasanya terjadi di proyek investasi dan cloud mining dan cukup mudah dikenali.

1. Skema investasi
dalam proyek ini biasanya para scamer akan menawarkan investasi crypto dengan ROI yang besar, cepat dan tidak masuk akal seperti income 35% perhari. scamer lebih sering menargetkan korban yang tidak memiliki pengetahuan investasi dan investor yang menginginkan keuntungan cepat. salah satu contoh skema ini adalah Bitconnect yang sudah tutup operasinya.

2. Cloud Mining
Metode ini paling sering saya temui, Cloud mining penipu atau scam
sering memberikan diskon atau GHs gratis yang besar pada calon korbannya. Pada dasarnya penipuan ini tidak melakukan penambangan crypto dan mereka akan membayar anda dari uang investor yang tertipu dan begi seterusnya.

Proyek crypto palsu hampir menjadi norma di dunia crypto di beberapa titik. Begitu harga crypto mulai naik, investor mulai membeli lebih banyak koin dan menginvestasikan lebih banyak uang. Para scammer dengan cepat menyadari bahwa beberapa dari mereka akan berinvestasi dalam hampir semua hal tanpa terlalu banyak penelitian, karena takut kehilangan peluang besar. Karena itu, banyak koin palsu yang dikabarkan sebagai skema Ponzi mulai muncul di pasar. Contoh dari kasus ini sangat banyak

3. Penipuan phishing
penipuan jenis phising tidak hanya terjadi di dunia cryptocurrency dan bahkan sudah ada sebelum cryptocrrency era Blockchain. para peretas akan membuat website yang mirip dengan situs untuk mendapatkan crypto seperti exchanger atau cloud mining.

calon korbanya biasanya tidak mengetahui jenis penipuan ini dikeranakan kemiripanya itu, dalam kasus ini si peretas akan akan menapatkan datata pribadi korban seperti alamat email, password atau nomor telefon korbannya.

untuk terhindar dari penipuan ini anda bisa menempu beberapa cara ini :

1. Lihat alamat webnya, biasanya si peretas akan membuat alamat web dengan semerip mungkin dengan web aslinya dan biasanya hanya mengganti hurup nya dengan huruf besar atau kecil serta menggati domainnya.

2. Gunakan aplikasi autentikasi seperti Goggle Autentication untuk pengamanan anda, karena peretas tidak akan bisa mengakses akun anda karena sudah dilindungi dengan pin.

3. Jangan terima Email dari sumber tidak jelas, karena peretas juga mengalukan phising melalui email yang berisi pemberitahuan berupa reward atau sesuatu yang menyenangkan.

4. Ganti password secara berkala, menggati password secara berkala akan membuat akan anda lebih aman. si peretas biasa akan menampung semua data korbanya terlebih dahulu sebelum mengolhnya dan itu membutuhkan waktu yang cukup lama, sebaiknya anda mengganti password tiap minggu atau tiap bulan. 


4. Penipuan Yang Menggunakan Tokoh Terkenal untuk menipu Investor
Saat ini banyak ICO yang menggunkan tokoh terkenal seperti selebritis untuk menarik investor, hal ini dengan cepat disadari oleh para penipu untuk menggunakannya pula. Para penipu itu menggunakan selebritis pastinyauntuk meanrik calon korbannya karena selebritis memiliki pengikut dan popularitas yang besar.

Sipenipu selalu menggunakan gambar-gambar yang menarik seperti gambar selebritis dan bualan-bualan manis yang menjebak.

Investor harus berhati-hati dalam berinvestasi dan selalu menggunakan data dan logika untuk berinvestasi serta tidak terpengaruh pada pemanis yang diberikan oleh sipenipu.

semoga artikel ini bermanffat untuk kemanan dan pengetahuan cryptocurrency anda serta untuk bersabat dan berhati hati dalam berinvestasi, sebab dalam investasi cryptocurrency tidak memiliki badan hukum yang menaunginya.


Belum Punya Bitcoin? Beli Sekarang Indodax, atau beli hardware wallet terpercaya DISINI

0 nhận xét:

Đăng nhận xét